Berkenalan dengan Potensi Wisata Selatan China di Fuzhou

China

Fuzhou adalah sebuah kota yang berkembang pesat di tenggara China, tidak jauh dari pesisir dan hampir berhadapan langsung dengan Taiwan.

Meski sekilas terlihat seperti kota metropolitan pada umumnya di China, namun bukan berarti tidak ada hal menarik yang bisa dilakukan di sana. Fuzhou adalah gabungan dari banyak hal unik, membingungkan, kacau dan damai pada saat bersamaan.

Selain itu, Fuzhou juga dikenal sebagai destinasi berlibur akhir pekan bagi masyarakat di kota-kota besar di sekitarnya, seperti Guangzhou dan Chengdu. Kabar baiknya, kota ini cukup jauh dari jebakan turis sehingga kamu merasakan pengalaman unik berbaur dengan orang-orang China dan budayanya.

Salah satu maskapai penerbangan yang menyediakan rute penerbangan terusan ke Fuzhou –tentu dengan kualitas unggul– adalah China Southern Airlines. Maskapai ini akan menerbangkanmu dari Jakarta ke kota-kota besar di wilayah China Selatan via Guangzhou.

Adapun untuk mencari harga terbaik dari penerbangan dari dan ke Fuzhou, tentu saja pilih Traveloka. Melalui aplikasinya, kamu bisa membndingkan harga dengan cermat, mendapat fleksibilita dalam mengatur perjalanan, bahkan hingga tersedianya opsi satu harga untuk tiket pesawat dan hotel.

Jika tiket dan akomodasi sudah di tangan, berikut adalah tujuh destinasi yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di Fuzhou.

1. Menyantap Seafood
Fuzhou adalah ibukota provinsi Fujian, yang terkenal dengan hidangan manisnya. Juga, karena Fuzhou dekat dengan pantai, mereka mengkhususkan diri pada makanan laut. Nikmati pengalaman menyantap ikan yang dipanggang dalam racikan bumbu dan saus spesial, aneka olahan seafood yang mengepul hangat, atau udang dalam kaldu yang dimasak dengan kertas aluminium yang dipelintir agar terlihat seperti burung. Kamu bisa menemukan semua keseruan ini –dan lebih banyak lainnya– di pasar, restoran, dan food court tepi jalan.

2. Berkunjung ke Sanfang Qixing
Lokasi ini juga dikenal sebagai kompleks 3 jalur dan 7 gang, yang merupakan pusat budaya Fuzhou. Di sini, kamu akan menemukan lebih dari 200 rumah yang dilestarikan dari dinasti Ming dan Qing. Jalur dan gang-gangnya mengarah ke jalan perbelanjaan populer, di mana kamu akan menemukan gerai McDonald’s berdampingan dengan kedai fish ball leza dan berbagai produk tradisional lainnya, dalam deretan rumah-rumah kayu tua yang epik.

3. Kunjungi Jalan Siswa
Secara internasional, seruas jalan kecil ini dikenal dengan julukan Student Street, alias Jalan Siswa dalam bahasa Indonesia. Meski berada di jalan yang tidak begitu besar, namun pusat jajanan malam hari ini selalu ramai dikunjungi publik setiap harinya. Kamu akan menemukan toko pakaian populer serta kios yang menjual semuanya mulai dari pakaian hingga mainan dan bagasi. Tapi lebih dari itu, makanan adalah hal yang paling diburu di sini. Di warung-warung kecil, penduduk setempat membalikkan pancake raksasa, menikmati hidangan laut dengan bumbu-bumbu, dan daging bakar yang ditusuk. Satu-satunya hal tersulit adalah memutuskan seberapa banyak makanan yang benar-benar bisa masuk ke dalam perut, karena begitu banyak makanan lezat dijual murah meriah di sini.

4. Habiskan Waktu di Pemandian Air Panas
Fuzhou terkenal memiliki sumber air panas alami, yang mendorong munculnya sejumlah hotel dan resor untuk mengambil keuntungan dari popularitas mereka. Beberapa dari resor ini menawarkan lebih dari 50 jenis mata air panas, dengan rempah-rempah, bunga dan bahkan anggur yang ditambahkan ke dalam airnya. Hati-hatilah dengan air panas yang kamu pilih. Atraksi ini sangat populer sehingga beberapa hotel mengklaim bahwa mereka memiliki sumber air panas , padahal sebenarnya itu hanya pemandian umum, dan tidak sebagus yang aslinya. Jika kamu mencari salah satu yang terbaik, cobalah Gui’An Hot Spring Resort, yang konon paling populer di kalangan penduduk lokal.

5. Mendaki Gunung Gushan
Setiap orang yang mengunjungi Fuzhou pergi ke Gunung Gushan. Ini adalah salah satu tempat paling indah di kota dan memiliki batu di bagian atas yang terlihat seperti drum, dan kemudian menjadi latar belakang penamaannya, Gusham, dalam bahasa Mandarin. Situs ini menawarkan pengalaman mendaki ke puncak gunung, di mana terdapat beberapa kuil dan gua di hampir setiap titik hentinya. Pastikan kamu memiliki perut yang kuat untuk mendaki ketinggian, karena tangga yang tersedia cukup curam. Namun, jika kamu ingin kenyamanan di atas pengalaman, kereta gantung bisa jadi pilihan, meski harganya tidak bisa dibilang murah.

6. Bersantai di West Lake Park
West Lake Park adalah oase rumput dan pohon di tengah kota. Taman ini memiliki sejarah yang membentang lebih dari 1.700 tahun dan merupakan contoh yang menakjubkan dari taman Cina klasik. Taman ini akan terlihat sangat indah di musim semi, ketika bunga-bunga bermekaran dan kamu bisa menikmatinya dengan mengikuti tur perahu dayung menyusuri aliran sungai di sekitarnya. Tiket masuk gratis sepanjang tahun, sehingga banyak orang mengunjungi taman ini secara teratur untuk bersantai dan berolahraga.

7. Menjelaja Qishan Mountain Forest Park
Terletak di barat Fuzhou dan hanya 20 menit dari pusat kota, Qishan Mountain Forest Park sangat layak untuk dikunjungi. Akan suatu pengalaman menyenangkan melihat wilayah asri ini berpadu cukup dekat dengan gedung pencakar sebagai latar belakangnya. Jika kamu suka mendaki, ada banyak hal yang dapat dilihat dan dijelajahi di sini, mulai dari undakan kecil air terjun hingga jembatan yang mengular di atas ngarai dan gua